Metadata & Interoperabilitas Perpustakaan

Januari 27, 2019


Definisi Metadata

Deskripsi metadata, termasuk definisi, perbedaan antara metadata dan data, dan contoh metadata

Metadata digunakan untuk menggambarkan data atau informasi. Dalam ilmu lingkungan seperti oseanografi, metadata menggambarkan informasi bahwa para ilmuwan mengumpulkan dan menginformasikan pengguna tentang karakteristik dan sejarah.

Rekor bagaimana nilai tertentu atau merekam datang untuk menjadi.Provenance dapat mencakup hal-hal seperti ketika, oleh siapa, dan bagaimana item diciptakan atau dimodifikasi.

dari kumpulan data atau data item-termasuk informasi metodologis, temporal dan spasial. Metadata kata kadang-kadang digunakan dalam bentuk tunggal (metadata adalah). Kami menggunakan jamak (metadata yang).Keduanya dalam penggunaan umum, meskipun dalam ilmu itu biasanya digunakan dalam bentuk jamak.

Natioal Information Standards Organization ( NISO )
mendefinisikan metadata sebagai "informasi yang terstruktur yang menggambarkan, menjelaskan, menempatkan, atau membuat lebih mudah untuk mengambil, menggunakan, atau mengelola sebuah sumber informasi." World Wide Web Consortium ( W3C ) mendefinisikan metadata sebagai "mesin informasi dimengerti untuk web." Federal Geographic Data Committee ( FGDC ) mendefinisikan metadata sebagai menjelaskan, "isi, kualitas, kondisi, dan karakteristik lain dari data." Sederhananya, metadata adalah data tentang data. Mereka menyediakan konteks bagi hasil penelitian, idealnya dalam mesin-dibaca Format. Setelah diterbitkan, metadata dapat mengaktifkan penemuan data melalui antarmuka elektronik dan memungkinkan penggunaan yang benar dan atribusi temuan Anda. 

Hasil pengumpulan data umumnya obyek-foto, spreadsheet, peta, grafik, file data, dll benda ini berguna tetapi umumnya tidak mengandung informasi tentang bagaimana, di mana, atau oleh siapa data dikumpulkan. Data objek saja sulit untuk menafsirkan dan menggunakan. Namun, jika Anda memberikan informasi deskriptif yang tepat, data Anda menjadi jauh lebih berguna. Informasi tambahan dapat mencakup hal-hal seperti lintang dan bujur, tanggal dikumpulkan, presisi pengukuran, orang yang kontak dengan pertanyaan tentang data, atau jenis peralatan yang digunakan.Konteks ini, atau data deskriptif, adalah metadata.

Perbedaan antara Metadata dan Data

Metadata menjelaskan data set cukup untuk memungkinkan pencarian dan menggunakan data. Namun, tidak selalu jelas apakah bagian tertentu dari informasi harus diklasifikasikan sebagai data atau metadata. Beberapa informasi, seperti koordinat geografis pengamatan, dapat diklasifikasikan sebagai data dan metadata. Perbedaan antara metadata dan data tergantung pada konteks dan kebutuhan aplikasi tertentu atau pengguna. 

Secara singkat menyatakan, data yang diperlukan untuk membuat data lain yang berguna atau dicari bisa disebut metadata. Sekali lagi mengutip NISO panduan, Memahami Metadata, "Metadata adalah kunci untuk memastikan bahwa sumber daya akan bertahan dan terus dapat diakses di masa depan." Untuk menggambarkan perbedaan penting ini, mempertimbangkan konduktivitas suhu mendalam mana pengukuran temperatur tunggal mungkin hilang tanpa secara signifikan menurunkan nilai profil. Hilangnya informasi posisi dari rekor metadata, bagaimanapun, membuat data hampir tidak berguna.

Struktur Metadata

Metadata tidak harus dalam format tertentu untuk memenuhi syarat sebagai metadata-catatan menulis ke sebuah post-it dan terjebak ke monitor komputer Anda dapat metadata, meskipun orang-orang tidak terlalu berguna. Kemudian panduan membahas pentingnya mesin dibaca untuk metadata, dan standar metadata dan spesifikasi . Di sini, kami memperkenalkan Anda ke istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan metadata dan nilai. 

Elemen mengacu pada kategori metadata yang digunakan. Mereka juga dapat disebut sebagai properti, atau lebih informal, seperti bidang. Lihat informasi aktual diisi ke elemen. Menggunakan contoh di atas, lintang akan menjadi elemen, dan 32,5 mungkin nilai elemen dari rekor data tertentu. Demikian pula, jenis inti akan menjadi elemen, dan inti piston dan Megacore akan nilai-nilai untuk properti itu.

Contoh Metadata

Program televisi memberikan contoh sederhana metadata. Ketika Anda menghidupkan televisi dan ingin informasi tentang acara berikutnya, Anda mungkin akan pergi ke indeks acara televisi. Anda dapat berkonsultasi daftar TV di koran atau di TV Guide, atau Anda dapat melihat informasi program pada layar. Daftar Anda melihat berisi data (judul pertunjukan, jenis acara, waktu, atau ringkasan plot) tentang data lainnya (televisi menyiarkan sendiri). 

Contoh ilmiah yang lebih kompleks, tapi konsep yang sama berlaku.Catatan yang ditulis oleh para ilmuwan tentang percobaan-in notebook laboratorium mereka, buku log, atau lainnya dokumen-adalah metadata (informasi) tentang data (hasil percobaan). Catatan menggambarkan karakteristik percobaan.

Contoh oseanografi

Data: Foto spesies baru ditemukan ikan 
Metadata: Lokasi penemuan (lintang, bujur, dan kedalaman), ikan lain di daerah, salinitas air, kuantitas ditemukan (sekolah, ikan tunggal, dua atau tiga orang), dll 
Data: Pengukuran Meteorologi 
Metadata: Lokasi bacaan (lintang, bujur, dan tinggi), instrumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data, unit, pengolahan dilakukan untuk pengukuran 
Data: Sedimen Inti Rekam 
Metadata: Lokasi penemuan (lintang, bujur dan kedalaman), deskripsi stratigrafi, panjang, jenis perangkat coring
Perhatikan bahwa berbagai jenis data memerlukan berbagai jenis informasi deskriptif. Namun, ada beberapa bidang standar yang harus selalu disertakan (misalnya, lokasi dan tanggal dikumpulkan).


Metadata Interoperability-Apa Artinya, dan Mengapa Apakah itu Penting?

Pengantar interoperabilitas - pertukaran metadata antara sistem computer
Interoperabilitas Metadata adalah kemampuan dari dua atau lebih sistem informasi untuk pertukaran metadata dengan kehilangan minimal informasi. Ini tidak membahas kompatibilitas Data - hanya interoperabilitas metadata deskriptif. The Open Geospatial Consortium (OGC) mendefinisikan interoperabilitas sebagai kemampuan untuk berkomunikasi, menjalankan program, atau mentransfer data antara berbagai unit fungsional dengan cara yang mengharuskan pengguna untuk memiliki sedikit atau tidak ada pengetahuan tentang karakteristik unik dari unit-unit (ISO2382- 1). Definisi OGC berlaku untuk interoperabilitas metadata, ketika salah satu menggantikan kata "data" dalam definisi dengan kata "metadata". Sebuah aspek penting adalah bahwa metadata interoperable dapat digunakan oleh sistem komputer, berbeda dengan metadata yang dirancang untuk dibaca dan dipahami oleh seseorang.

Manfaat Interoperabilitas
Memiliki metadata interoperable memungkinkan beberapa sistem untuk bekerja dengan set yang sama data dan metadata. Ini membantu memastikan catatan metadata yang terkait dengan satu sumber daya dapat diakses, ditafsirkan secara akurat dan kemudian digunakan oleh sistem atau terintegrasi dengan catatan metadata yang terkait dengan sumber daya lainnya. 
Sebagai contoh, metadata interoperable memungkinkan:
  • alat, seperti buku alamat, dan sistem gambar, dengan mudah dan akurat mengimpor data.
  • orang untuk memindahkan dataset geospasial antara berbagai GIS system.
  • dataset yang akan dicari dan ditemukan melalui beberapa katalog tanpa penyedia harus menerapkan beberapa set metadata.
Lembaga dan proyek yang berbeda pasti akan mengembangkan "disesuaikan" metadata template dan file. Untuk memastikan interoperabilitas, file-file ini disesuaikan harus sesuai dengan standar yang penting, dan termasuk label yang efektif. Setelah dilengkapi dengan standar dan sistem pelabelan yang efektif, alat teknis dapat dilaksanakan untuk menerjemahkan (meskipun kadang-kadang tidak sempurna) antara file metadata disesuaikan (penyeberangan). Keberadaan kosa kata, seperti kamus dan / atau ensiklopedi juga dapat membantu dalam pengembangan metadata interoperable.


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Member Of